Sepuluh Hal yang Harus Diketahui Tentang Windows 10

Sepuluh Hal yang Harus Diketahui Tentang Windows 10

Setelah Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 menyapa DOers di komputer dan gadget masa kini, Microsoft sedang mengembangkan sistem operasi versi berikutnya, Windows 10.

DOers nantinya akan menemukan beberapa perubahan dan kemampuan baru yang diterapkan Microsoft di Windows 10. Apa saja? Simak daftar berikut!

1. Gratis!
Ya, betul! DOers nanti bisa memperoleh Windows 10 secara cuma-cuma. Hal tersebut berlaku buat pemilik sistem komputer dengan sistem operasi Windows versi sebelumnya, mulai Windows 8.1 hingga Windows 7 yang pertama dirilis 6 tahun lalu. Para pengguna Windows versi tersebut kini bisa melakukan upgrade gratis ke Windows 10.

2. Satu Windows untuk Semua

Di versi Windows sebelumnya, Microsoft menyediakan beberapa versi OS Windows untuk berbagai perangkat seperti PC/ laptop (Windows 8.1), tablet (Windows RT) dan smartphone (Windows Phone 8.1). Nah, untuk Windows 10, semua perangkat itu akan menjalankan sistem operasi yang sama yaitu Windows 10.

windows 10-cross platform

3. Jalan di semua perangkat

Sistem unified platform yang disebutkan di atas, yang memungkinkan Windows 10 bisa berjalan di PC/ laptop, tablet, dan smartphone, akan meningkatkan konsistensi pengalaman DOers sebagai pengguna, sekaligus memungkinkan developer untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di seluruh perangkat.

Tak ada lagi cerita satu aplikasi hanya tersedia di desktop/ tablet/ smartphone, karena semua aplikasi bisa diakses dari manapun tanpa peduli apa perangkatnya.

xbox-live

4. Game lebih seru

Windows 10 akan datang bersama Xbox Live yang bakal membuat pengalaman DOers dalam bermain game menjadi lebih seru. Melalui fitur ini, DOers bisa bermain game bersama gamer lain yang menggunakan PC maupun konsol game Xbox.

Sesi multiplayer tadi dapat direkam dalam bentuk video secara live dengan mudah. DOers juga bisa melakukan streaming game dari konsol Xbox One ke desktop atau tablet Windows 10.

photos

5. Foto di satu tempat

Pernah bingung karena lupa di perangkat mana sebuah foto tersimpan? Dengan Windows 10, DOers tak akan mengalami kebingungan itu lagi karena sistem operasi baru ini akan secara otomatis mengumpulkan foto-foto yang diambil oleh semua gadget di satu tempat, yaitu cloud storage OneDrive.

Foto-foto tersebut lantas bisa dibuka dari perangkat manapun yang menjalankan Windows 10 melalui aplikasi Photos. Selain Photos, aplikasi lain di Windows 10 yang juga bersifat “universal seperti ini termasuk People, Music, dan Maps.

hololens

6. “Augmented Reality” dengan HoloLens

Bayangkan melukis di udara atau merancang gedung dan melihatnya langsung di depan mata dalam bentuk hologram 3D. Itulah yang dimungkinkan oleh teknologi HoloLens yang dikembangkan oleh Microsoft.

Berbekal sebuah headset khusus, HoloLens menggabungkan alam nyata dan digital melalui Augmented Reality. DOers pun bisa melakukan hal-hal yang selama ini hanya dilihat dalam film fiksi ilmiah tadi. Teknologi HoloLens akan disertakan dalam Windows 10 melalui Windows Holographic.

cortana

7. Asisten pintar Cortana

Cortana sang asisten pintar akan menyapa DOers di taskbar Windows 10 di bagian bawah layar komputer. Ia siap membantu DOers dalam melakukan pencarian informasi di komputer maupun internet serta menyalurkan berbagai notifikasi penting.

Tentu, seperti halnya banyak hal lain di Windows 10, Cortana juga akan hadir di tablet dan smartphone. Ingin mencari foto apa saja yang diambil bulan ini? Cortana siap menampilkan semua gambar yang diambil oleh seluruh perangkat Windows 10 milik DOers!

spartan

8. Browser Spartan yang Cekatan

Spartan adalah browser internet masa depan dari Microsoft. Dengan tampilan yang rapi dan bersih, Spartan mampu menjalankan fungsi-fungsi baru seperti mode Reader, menyimpan laman web untuk dibaca lain waktu, serta berganti mode input dari touchscreen ke keyboard dan mouse dengan cekatan.

Cortana akan turut hadir di Spartan, di mana sang asisten pintar akan menemani DOers dalam berselancar dan memberikan masukan-masukan yang berguna.

one-drive

9. Continuum
Punya perangkat “hybrid” yang bisa berubah dari laptop menjadi tablet seperti seri Lenovo Yoga? Fitur WIndows 10 yang satu ini akan mempermudah DOers dalam menggunakan gadget hybrid.

Continuum akan mendeteksi secara otomatis “mode” penggunaan apa yang sedang dipakai oleh DOers. Ketika sedang berada dalam mode “tablet”, Windows 10 akan menampilkan interface yang lebih ramah touchscreen. Aplikasi-aplikasi pun akan terbuka secara full screen.

Demikian juga sebaliknya, saat DOers menancapkan keyboard dan mouse atau mengubah mode perangkat menjadi “laptop”, Windows 10 secara otomatis akan menampilkan interface desktop.

10. Lalu, kapan Windows 10 akan hadir?
Dengan serangkaian kelebihannya di atas, DOers pasti sudah tidak sabar untuk mencicipi kebolehan Windows 10. Tapi bersabarlah dulu karena sistem operasi terbaru itu sedang terus dikembangkan.

Saat ini versi technical preview dari Windows 10 dan Windows Phone 10 sudah tersedia untuk mereka yang ingin mencoba dan memberikan feedback pada Microsoft. Versi final dari Windows 10 sendiri dijadwalkan sudah rilis menjelang akhir tahun 2015.

Sumber : info-lenovo