Notebook terbaru berbasis Chrome OS untuk cloud computing.


Notebook terbaru berbasis Chrome OS untuk cloud computing.
Notebook untuk cloud computing yang berjalan dengan Google Chrome OS buatan Google ini telah tersedia dan dipasarkan secara komersial. Notebook besutan Google ini merupakan hasil kerjasama dengan Samsung dan Acer dan dinamakan Chromebook.
Perangkat yang memiliki layar 12,1 inci dan berat 1,5 kilogram ini dilengkapi dengan dua USB ports dan card reader. Baik pada Series 5 ChromeBook maupun Acer Chromebook ditanamkan Intel Atom N570 1.66 Hz dan RAM 2 GB. Untuk hardisknya disematkan 16 GB SSD (Solid State Disk). Ini adalah hardisk yang mirip dengan flashdisk, jadi tidak menggunakan cakram yang berputar. Alhasil ukurannya lebih kompak, baterai lebih awet, dan tidak berisik. Tidak heran bila Samsung mengklaim bahwa ketahanan baterai notebook ini mencapai 8,5 jam!
Cara penggunaan Chromebook untuk cloud computing sama dengan saat menggunakan browser web. Mengakses dokumen, permainan, bahkan menonton film dijalankan melalui browser. Pengguna bahkan dapat memperoleh aplikasi baru yang disesuaikan untuk sistem operasi, termasuk New York Times dan Angry Birds, yang dapat diunduh dari Chrome Web Store online. Notebook samsung terbaru berbasis Chrome OS untuk cloud computing telah mulai dijual di Amazon.com dan Bestbuy.com.