Senin, 21 November 2011

Tips memilih laptop second yang baik

Bagi teman - teman yang ingin beli laptop yang tidak baru alias second, sedikit tips memilih laptop second yang baik tentunya dikarenakan laptop sudah merupakan kebutuhan hampir bagi setiap kalangan. Harga laptop hingga kini masih tergolong mahal, karena itu membeli laptop bekas / second pun kerap kali menjadi pilihan. Namun hal - hal apa sajakah yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas? Tips membeli laptop Second ( bekas ) yang masih bagus dan sangat layak :

1. Cek segel laptop, jika telah terbuka segelnya dapatkan informasi kepada penjual mengapa segel tersebut terbuka, mungkin ada penggantian hardware karena kerusakan.

2. Cek kondisi baterai laptop, pastikan baterai tidak drop dan masih memiliki ketahanan minimal 50% (tidak ada ketetapan yang pasti ntuk hal ini)

3. Cek display laptop apakah ada dead pixel, karena display yang memiliki dead pixel akan mengurangi tampilan.

4. Cek garansi laptop. Bersyukurlah jika ternyata laptop masih dalam masa garansi.

5. Cek kelengkapan fiturnya seperti ketersediaan wifi, bluetooth maupun fitur lainnya sesuai kebutuhan Anda.

6. Cek fisik laptop apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik, misal goresan akibat jatuh atau bahkan habis tenggelam di air.

7. Cek kondisi keyboard apakah semua tombol masih berfungsi dengan baik.

8. Cek touchpad, klik kanan dan klik kirinya.

9. Cek spesifikasi hardware apakah telah sesuai dengan penawaran penjual. Anda bisa melihatnya di BIOS atau dengan mengetikkan dxdiag di kolom run windows OS laptop tersebut.

10. Cek harga, bandingkan dengan harga pasaran. Gunakan internet untuk melakukan pengecekan ini.

11. Ajaklah teman Anda yang telah berpengalaman di bidang IT agar bisa memberi pertimbangan kepada Anda sebelum memutuskan untuk membeli laptop tersebut.

Demikian Tips memilih laptop second yang baik, semoga bermanfaat buat anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.